FACEBOOK: www.facebook.com/aksesorislampumobil | INSTAGRAM: www.oninstagram.com/lampumobil

News

Pilih Mana Lampu Halogen atau Lampu HID/ Xenon?

1 Februari 2013

Banyak pemahaman yang kurang tepat, bahkan salah sama sekali tentang lampu HID atau yang biasa disebut lampu Xenon. Pemahamanan yang salah tersebut yaitu tidak mau memakai Lampu HID/ Xenon pada kendaraan mereka karena takut lampu depan/ Headlamp jadi cepat kusam/ kekuningan karena panasnya lampu HID/ Xenon ini yang berdampak pada Kaca Mika yang terdapat disemua mobil keluaran terbaru saat ini. selain tentunya karena harganya yang relatif lebih mahal dibading lampu Halogen Biasa.

Jenis-jenis lampu HID/ Xenon yang umumnya beredar dipasaran terdiri dari model H1, H3, H4, H7, H8, H11, HB3 dan HB4. Yang membedakan satu dengan yang lainnya adalah kedudukan bohlamnya, sedangkan untuk ballast (alat untuk menyediakan dan mengendalikan voltase termasuk juga untuk menstabilkan aliran listrik) sama semuanya. Model yang umum beredar di Indonesia adalah tipe H4 dimana antara lampu jauh dan lampu dekat jadi satu yang kontrolnya di tentukan oleh magnet.

Untuk point yang pertama, anggapan yang mengatakan bahwa temperatur Lampu HID/ Xenon lebih tinggi dari lampu Halogen biasa adalah SALAH KAPRAH. Justru lampu HID/ Xenon untuk kualitas cahaya yang sama temperatur suhu permukaan lampu bisa 1/4 kali dari suhu permukaan lampu Halogen.

Ada yang mengatakan dengan daya 35 watt saja, lampu HID/ Xenon dapat menghasilkan cahaya hampir tiga kali lipat dibanding dengan cahaya yang dihasilkan oleh lampu halogen 55 watt. Ada juga lampu halogen yang beredar dipasaran dengan daya 110 watt, tetapi hasil cahaya tetap TIDAK DAPAT  menyamai cahaya yang dihasilkan oleh lampu HID/lampu xenon. Lampu halogen yang mempunyai daya 110 watt pun mempunyai kelemahan yang cukup fatal, yaitu, temperatur yang tinggi. Dengan menggunakan hampu halogen 110 watt yang berkepanjangan, dapat merusak perkabelan kendaraan dan dapat mengakibatkan kaca batok lampu menjadi kusam dan hitam. Lampu HID/lampu Xenon hanya menggunakan 35 watt, aman untuk perkabelan dan juga dapat mempertahankan kondisi batok lampu kendaraan.

Cahaya yang dihasilkan oleh lampu HID/ Xenon mempunyai kesamaan dengan cahaya disiang hari dibandingkan dengan lampu halogen. Faktor ini dapat menambah pengamanan dalam berkendara. Mata tidak harus bekerja lebih untuk memperhatikan jalanan. Segala hal yang dapat membahayakan pengendara kendaraan seperti contohnya jalan berlubang, trotoar jalan, dan lainnya, dapat terlihat dengan jelas oleh lampu hid/lampu xenon. Lampu HID/Lampu Xenon pun dapat menerangkan rambu lalu lintas lebih baik dibanding lampu halogen.

Perbedaan yang kentara tidak hanya di temukan di jumlah pencahayaan yang dihasilkan oleh lampu HID/lampu xenon. Jarak pandang pun berbeda jauh. Lampu HID/lampu xenon dapat menerangi jalan dengan efektif hingga 180 meter, sedangkan lampu halogen hanya dapat menerangkan jalan dengan efektif hingga 100 meter. Faktor ini akan sangat membantu dalam menaikan tingkat keamanan dalam berkendara, khususnya di jalanan yang sangat minim pencahayaan.

Untuk Point yang Kedua, perbedaan harga yang terpaut jauh antara harga lampu HID/ Xenon dengan lampu Halogen. Pada umunya lampu HID/ Xenon dibanderol dengan harga jutaan rupiah, sedangkan lampu halogen hanya dikisaran harga puluhan sampai ratusan ribu rupiah saja. Namun jika dipertimbangkan bahwa Lampu HID/ Xenon memiliki daya tahan yang lebih lama dari lampu halogen, karena lampu hid/lampu xenon tidak memiliki filamen tungsten yang mudah putus seperti yang ada didalam lampu halogen (Ketahanan filamen tungsten dapat juga dipengaruhi oleh suhu sekitar, dan semakin tinggi suhu, semakin pendek umur filamen tungsten tersebut. Sedangkan Lampu HID/Lampu xenon tidak mengadopsi filamen tungsten tersebut, Karena lampu HID/ Xenon menggunakan elektroda listrik yang menghasilkan busur listrik), juga kenyamanan berkendara yang diperoleh selama masa pakai, ANDA SEBAGAI CUSTOMER yang berhak menilai apakah secara VALUE FOR MONEY dapat dikatakan LAMPU HID/ XENON lebih mahal.

Berikut Rinciannya:

Kelebihan Lampu HID/ Xenon :

  1. Konsumsi energi lebih hemat dari pada lampu halogen.
  2. Dengan watt yang sama dengan lampu halogen, menghasilkan sinar yang tiga kali lebih terang dari lampu halogen.
  3. Dikarenakan perbedaan sinarnya, lampu xenon lebih efisiensi tiga kali lebih besar dari pada lampu halogen.
  4. Warna cahaya yang dihasilkan lampu xenon mendekati cahaya yang dihasilkan oleh matahari, sinar lampu xenon lebih jernih dan mampu memberikan daya pandang yang lebih luasnya 2 sampai 3 kali lampu halogen biasa untuk tingkat watt yang sama.
  5. Umur lampu xenon lebih panjang mencapai 2.000 jam karena tidak menggunakan filament.
  6. Untuk tingkat watt yang sama, panas yang dihasilkan oleh lampu HID/ Xenon adalah 1/3 dari panas yang dihasilkan lampu halogen. Oleh karena itu lampu HID/ Xenon sangat direkomendasikan untuk dipakai pada lampu depan yang terbuat dari Mika (Mica Headlamp)

Kelemahan Lampu HID/ Xenon :

  1. Harganya yang relatif mahal.

Salam,

Ari-SinarBerlian.com
Hp.081316896999, BB: 2938A138
Email: Admin@SinarBerlian.com
YM: Marketing.SinarBerlian

--------------------------- Info tentang HID----------------------

HID stands for High Intensity Discharge. It refers to lighting technology that relies on an electrical charge to ignite xenon gas contained in a sealed bulb. The technology of HID automotive lamps is similar to that of common vapor-filled street lamps. HID lighting doesn't have a filament but instead creates light by igniting an arc between two electrodes. HID lights get their name from the intense white light produced by the electrical discharge. HID lamps are also called xenon lamps, referring to a gas inside the lamps.



Baca juga
  » 2 April 2015
SinarBerlian.com di TokoPedia
SinarBerlian.com juga sudah membuka toko di TokoPedia.com untuk melayani customer yang ingin bertransaksi dengan/ melalui rekening bersama. Salam, Ari SinarBerlian. Com Hp.0817.1977.69 (W/A) PinBB 53.8A8.546 Www.tokopedia.com/lampumobiljakart Alamat: Kelapa Gading, Jakarta Utara Jl. Boulevard Raya Blok PD 9 no.5

  » 11 Januari 2015
LED DRL (Day Running Light) 6 Titik Dari Kaca
LED DRL (Day Running Light) 6 Titik Dari Kaca Termasuk Bracket, dan Kabel perset dan untuk varian yg lebih mahal ada modul penyesuaian terang lampu saat lampu senja dinyalakan. Kualitas DRL yg dihasilkan cukup bagus tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, yaitu berkisar 300rb sampai 500rb untuk yg mempunyai modul penerangan malam. Salam, Ari - SinarBerlian.com Hp.0817197769 (Whatsapp) Hp.0812.848484.12 Pin BB.51F9F902 E-mail: admin@sinarberlian.com

Search
Search:
Shopping Cart
shopping cart0 item
Product Scroller
Categories
News
2 April 2015
SinarBerlian.com di TokoPedia
SinarBerlian.com juga sudah membuka toko di TokoPedia.com untuk melayani customer yang ingin bertransaksi dengan/ melalui rekening bersama. Salam, Ari SinarBerlian. Com Hp.0817.1977.69 (W/A) PinBB 53.8A8.546 Www.tokopedia.com/lampumobiljakart Alamat: Kelapa Gading, Jakarta Utara Jl. Boulevard Raya Blok PD 9 no.5 detail

» index berita
Testimonial
yohannes rukka
Headlamp isuzu pesananku sudah tiba dengan kondisi sangat memuaskan. Walaupun jauh tapi pengirimannya cepat. Terima kasih gan..., semoga tambah lancar orderannya.soroako, luwu timur.

Marzadin Aryadi
Makasih stoplamp led avanza old sudah sampai dg selamat di Banjarbaru-KalSel,packingnya oke banget ngga sembarangan asal bungkus,jadi jangan ragu buat beli di sini takut barang pecah/rusak

» isi testimonial
» lihat testimonial
Information
16 user sedang online
Anda pengunjung ke-1,213,434
Marketing
marketing.sinarberlian
Others
Pembayaran
BCA

BCA Cabang Kelapa Gading
No. Rek: 227-225-0074
a/n. Imelda Handiyanto


Mandiri

Mandiri KCP JKT Kelapa Gading Barat
No. Rek: 125-00777-00789
a/n. Imelda Handiyanto


BNI

BNI Cabang Citra Gran Cibubur
No. Rek: 033-5470-668
a/n. Imelda Handiyanto


BRI

BRI Cabang Kelapa Gading
No. Rek: 0320-0101-3124-506
a/n. Imelda Handiyanto